Hubungan Gaya dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan di STIKes Medistra Indonesia

  • Puri Kresnawati, Dosen Program Studi DIII Kebidanan Sekol

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah gaya belajar dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa semester 3 DIII Kebidanan STIKes Medistra Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dan dilakukan pada bulan Desember di STIKes Medistra Indonesia Bekasi. Populasi penelitian adalah 167 dan total sampel yang digunakan adalah 118 dengan teknik simpel random sampling. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa dengan IPK >3,50 berjumlah 21 orang (17,8%), IPK 2,76-3,50 berjumlah 63 mahasiswa (53,4%), dan IPK 2,00-2,75 berjumlah 34 mahasiswa (17,8%). Analisa bivariat menunjukan variabel yang berhubungan dengan prestasi belajar adalah gaya belajar (p=0,014) dan motivasi belajar (0,001).Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan desain yang berbeda sehingga dapat diperoleh informasi lebih lengkap tentang hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Author Biography

Puri Kresnawati, Dosen Program Studi DIII Kebidanan Sekol

Dosen Program Studi DIII Kebidanan Sekolah Tinggi Kesehatan Medistra Indonesia

Published
2018-01-31
How to Cite
KRESNAWATI, Puri. Hubungan Gaya dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan di STIKes Medistra Indonesia. Jurnal Kesehatan Bhakti Husada, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 4, jan. 2018. ISSN 2657-0149. Available at: <http://e-journal.akperakbid-bhaktihusada.ac.id/index.php/jurnal/article/view/63>. Date accessed: 16 sep. 2025.