EDUKASI PERILAKU SEKS BEBAS DARI SUDUT PANDANG KESEHATAN DAN AGAMA DI SMAN I CIBITUNG KABUPATEN BEKASI

  • Lina Marlina STIKes Bhakti Husada Cikarang
  • Sisca priandini STIKes Bhakti Husada Cikarang
  • Fathurozi Fathurozi STIKes Bhakti Husada Cikarang

Abstract

Kementerian Kesehatan merilis perilaku seks bebas remaja dari penelitian yang dilakukan di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta Pusat, Medan, Bandung, dan Surabaya. Hasil yang didapat sebanyak 51% remaja sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Data yang sama juga diperoleh di wilayah lain, seperti Surabaya dimana remaja perempuan yang sudah hilang kegadisannya (keperawanannya) mencapai 54%, Medan 52%, Yogyakarta 37%, dan bahkan hasil survey Komisi Perlindungan Anak (KPA) terhadap 4.500 remaja menunjukan 97% remaja pernah menonton dan mengakses situs pornografi, 96% pernah berciuman bibir. Berdasarkan hasil survei di 12 kota besar di Indonesia menunjukan 62,7% remaja mengaku pernah berhubungan badan dan 36% remaja pernah melakukan aborsi.. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Peningkatan  pengetahuan siswa terhadap perilaku sek bebas dampaknya bagi kesehatan dan agama di SMAN 1 Cibitung. Hasil : Adanya peningkatan pengetahuan siswa dan siswi SMAN 1 Siswa sangat antusiasme mengikuti kegiatan penyuluhan ini sehingga kami membatasi beberapa pertanyaan pada acara tersebut, juga dapat dilihat dengan hasil pre test, post test dengan tingkat mengetahui 32 %, tingkat mengerti 44% dan tingkat memahami 17%.

References

1. Amiruddin,Thohir,M.,Frieda,&Pudjosantosa,H.1998. Kecenderungan Bebas Remaja Perkotaan.
2. LaporanPenelitian.PusatPenelitian Sosial Budaya Lembaga Perilaku Seks
Penelitian. Universitas Diponegoro
3. Desmita,2012. Psikologiperkembangan. Bandung:Remaja Rosda karya
4. Hurlock,E.B.(2003).Psikologi Perkembangan,Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
5. Irsyad,M.2012.Tanggapan Mahasiswa Terhadap Perilaku Hubungan Seks Pranikah, Survei Kampus Akademik Kebidanan Sandi Karsa. Skripsi. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
6. Kartono,K.(2006).Psikologi Wanita.Bandung: CV Mandar Maju.
7. Sarwono.(2012).Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Press.
8. SoekatnoCR,O.(2008).PsikologiSeks:MenyikapProblemPsikososialdanPsikoseksual Selebritis. Yogjakarta: Ar-RuzzMedia.
Published
2023-08-26
How to Cite
MARLINA, Lina; PRIANDINI, Sisca; FATHUROZI, Fathurozi. EDUKASI PERILAKU SEKS BEBAS DARI SUDUT PANDANG KESEHATAN DAN AGAMA DI SMAN I CIBITUNG KABUPATEN BEKASI. JURNAL PKM BHAKTI HUSADA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-15, aug. 2023. Available at: <http://e-journal.akperakbid-bhaktihusada.ac.id/index.php/jpkm/article/view/164>. Date accessed: 06 oct. 2024.